ads

5 Jenis Surat Berdasar Sifat Surat


Di dalam kehidupan sehari-hari terdapat bermacam-maram jenis surat yang beredar, baik antarorganisasi, antarinstansi maupun antarperusahaan. Dalam hal-hal tertentu jelas ada perbedaan-perbedaan, baik dan asal surat sifat surat tujuan, cara pembuatan ataupun cara pengirimannya.



Berdasarkan sifatnya surat dapat digolongkan menjadi lima jenis.
a. Surat pribadi
Surai pribadi, adalah surat-surat yang bersifat kekeluargaan, surat-surat yang berisi masalah keluarga, baik tentang kesehatan, keuangan keluarga. dan sebagainya.
Contoh:
-Surat dari orang tua kepada anaknya
-Surat persahabatan
-Surat perkenalan, dan sebagainya.

b. Surat dinas pribadi
Sunat dinas pribadi disebut juga surat seungah resmi adalah surat-surat yang dikirimkan dari seseorang kepada instansi-instansi perusahaan-perusahaan, ataupun jawatan-jawatan.
Contoh:
-Surat lamaran kerja,
-Surat permohonan tidak masuk kerja, dan sebagainya.

c. Surat dinas swasta
Surat dinas swasta disebut juga surat resmi adalah surat-surat yang dibuat oleh instansi-instansi swasta, yang dikirimkan untuk para karyawannya ataupun untuk para relasinya atau langganannya atau instansi-instansi lain yang terkait.
Contoh:
-Surat undangan rapat untuk para karyawan
-Surat undangan pertemuan untuk para relasi
-Surat rapat tahunan para pemegang saham dan sebagainya.

d. Surat niaga
Surat niaga adalah surat yang berisi soal-soal perdagangan yang dibuat oleh perusahaan yang dikirimkan kepada para langganannya.
Contoh:
-Surat perkenalan barang.
-Surat penawaran barang.
-Surat pesanan barang dan sebagainya.

e. Surat dinas pemerintah
Surat dinas pemerintah adalah surat-surat yang berisi masalah-masalah administrasi peme¬rintahan yang dibuat oleh instansi pemerintah.
Contoh:
-Surat keputusan
-Surat instruksi

0 Comments

0 komentar: